Minggu, 27 November 2016

Candi Sambi Sari.

Selamat siang teman teman ~
hhmm, memasuki jam makan siang ini saya Rahmawati Kusuma Wardhani memulai postingan blog pertama saya yang bertemakan Wonderfull Sleman ini yang bertujuan memberikan infomasi dari pengalaman saya sendiri sewaktu berkunjung disana.
Well, Candi Sambi Sari adalah salah satu candi hindu yang ada di DIY. Alamat lengkapnya adalah Jalan Candi Sambisari Kadirojo, Purwomartani, Kalasan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571 . Dinamakan Candi Sambi Sari karena alamatnya ini. 
Sepengatahuan saya dari dosen saya, penamaan Candi berdasarkan 3 jenis. yaitu:
1.Berdasarkan tempat ditemukannya.
2.Berdasarkan keunikan Candi 
3.Berdasarkan nama prasasti yang ditemukan di candi tersebut, 
Ya... begitulah kata dosen Sejarah saya. 
Candi Sambi Sari ini adalah candi yang menarik ya meskipun terasa terik saat siang hari, jadi disarankan untuk kalian membawa topi dan payung saat akan berwisata di Candi ini.
Perjalanan saya dimulai pukul 8 pagi berkumpul di Sekolah Vokasi UGM. Karna, jujur saja.. perjalanan ke Sambi Sari ini adalah bagian dari kuliah lapangan. Ya.. untuk menuntaskan kewajiban kuliah lapangan saja, saya dapat sembari berwisata. yuuuhuuu ~ . Perjalanan kami sekelas menuju Candi seharusnya bisa ditempuh dengan waktu hanya 30 menit. Tetapi, karna saya dan beberapa teman nyasar sampa Klaten. Ehem, iya sampai Klaten bersinar saya nyasar dengan alasan palang petunjuk lokasi candi yang roboh dan rasa malas untuk melihat Gmaps. Tapi Alhamdulillah.. saya dan beberapa teman akhirnya sampai ke Candi Sambisari dengan waktu tempus 1 jam. :') .
Capek,kesal, dan rasa penasaran saya terhadap candi Sambi Sari akhirnya terbayar saat saya berhasil memasuki loket dengan gratis Hahaha... 
Jeng Jeng Jeng . "Akhirnya.. ke candi juga kita yo wul. mosok dah di Jogja belum pernah ke Candi kan yo ga kekinian." kata saya ke Wulan teman sekelas saya yang sering saya curhati tentang keingin saya untuk pergi ke Candi di daerah DIY. 
motoin Wulan sama Rini temen sekelas saya yang sama sama baru pertama kali ke candi di daerah Yogya.    

Motoin mereka lagi dengan gaya yang lebih kekinian
Disana, kami dibagi menjadi 3 kelompok dan saja yang awalnya kelompok 1 menajdi kelompok 2 bahkan ikut ikut kelompok 3 karna rasa penasaran saya melihat sendiri dulu dan berfoto di area Candi Sambi Sari.
Ilmu yang dapat saya tanggap dan saya akan bagikan di kalian adalah terdapat museum kecil di area Candi yaitu museum Sambi Sari yang menjelaskan bagaikana sejarah Candi ini ditemukan. ya, sedikit info saja, kebanyakan candi di Indonesia ditemukan berdasarkan ketidaksengajaan kegiatan pengalian termasuk Candi Sambi Sari ini juga ditemukan karna ketidaksengajaan. terdapat miniatur candi Sambi Sari juga di museum ini dan beberapa prasasti yang disimpan di dalam museum karena sempat terjadi pencurian arca di Candi Sambi Sari. "Ya Allah.. peninggalan sejarah bak harga sebuah negaranya sendiri saja dicuri.." batin saya saat dosen saya pak Cerry menjelaskan kejadian pencurian di Candi ini.
Gantian Wulan yang motoin saya. sengaja ditutup kok, biar kalian penasaran hehe!

Ilmu selanjutnya adalah tentang beberapa arca dewa di setiap sisi candi yang menandakan masing masing dewa akan menjaga candi tersebut.
salah satu acra di sisi Candi

Kita dapat masuk ke dalam Candi Sambi Sari untuk melihat benda yang punya filosopi tentang kemakmuran. Tentang bagaimana keunikan lebih detail mengenai Candi Sambi Sari kalian bisa berkunjung kesini langsung dari jam 7 pagi hingga 6 sore. Sangat dianjurkan kesini dengan keluarga karna suasananya familiable pol rek . soal biaya tiket walah murah nda usah kawatir. Cuma 5.000. Iya cuma 5K kalian sudah bisa belajar dan berwisata disini. Ingin rasanya kembali lagi berkunjung ke Candi ini. Ya.. siapa tahu saya bisa kembali ke sini bersama salah satu reader dari blog saya ini ya. haha.. Sekian pengalaman dan sedikit infomasi dari bagaiaman keadaan Candi Sambi Sari yang merupakan salahs atu destinasi di Kabupaten Sleman DIY ini. semoga dari pengalaman saya ini kalian bisa menambah Candi Sambi Sari menjadi list liburan akhir tahun kalian. lanjut baca ke post selanjutnya ya.. dan Matur Nuwun dulur ☺☺

mari berwisata !!! :)
Terima kasih sudah difotoin mas Ape. hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar