Kamis, 01 Desember 2016

Museum Affandi



Gercep post ini kawan. Karena udah tau kalian pasti penasaran sama museum apa yang selanjutnya bakal aku posting. Iya kan ya iya dong haha.
Eh, salam dulu Assalamualaikum para reader cakep. Cerita saya kali ini luweh nyeni. (lebih seni). Museum miliknya alm.Affandi alias Museum Affandi ini adalah museum hasil karya seni lukisan Bapak.Affandi yang beralamat di kawasan Wonderfull Sleman tepatnya di Jl. Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta . Saya kesana setelah dari Museum Monjali sekitar jam 1 siang. Museum ini sepi saat itu padahal bukanya dari jam 9 pagi sampai 6 sore dan tutupnya pada hari Minggu. Iya, bukan Senin tutup museumnya karena ini kan museum pribadi milik keluarga. Pengelola museum ini juga keluarga besar dan Bapak.Affandi.


Untuk Mahasiswa, tiket masuknya 10.000 aja, bisa menikmati 4 museum. Kalau bawa kamera nambah 10.000 juga. Pakirnya standar kawan 2.000 . Sebelumnya, kalian pasti penasaran, siapakah Bapak.Affandi ini? Jadi, Bapak Affandi Koesoema adalah seorang pelukis yang dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia mungkin pelukis Indonesia yang paling terkenal di dunia internasional, berkat gaya ekspresionisnya dan romantisme yang khas. Lanjut! Museum pertama, disini menurut aku museum yang penjelasakan paling lengkap. Dan ada satu lukisan menarik menurut saya, yaitu lukisan anak Bapak.Affandi.

 Jadi, ini adalah lukisan dari anak Bapak.Affandi, lukisan ini menceritakan anak Bapak.Affandi saat bertunangan mengenakan kebaya. Jika kalian teliti, kalian akan dapat menemukan tangan Bapak Affandi di sebelah kiri lukisan, itu tangan Bapak.Affandi yang sedang membantu anaknya mempersiapkan acara tunangan. Ini adalah lukisan favorit saya di ruangan pertama Museum Affandi ini. Diruang pertama museum ini kalian bisa bersantai karena ada tempat duduk enak ya teman teman, kita dapat menikmati lukisan lukisan indah karya seniman Indonesia sambil duduk dan membayangkan kejadian kejadian saat itu. Di ruang pertama ini, penjelasan lukisannya palng lengkap dari ruang ruang lainnya. Ruangan museum disini memang terang dan terkesan panas, teteapi sebenarnya tidak, ada AC kok , tetep adem...
 




 Sebelah museum petama ini ada makan Bapak.Affandi. Bapak.Affandi sudah wafat sejak tahun 1990.
Makam Bapak.Affandi dan Istrinya
Disebelah Barat makam beliau adalah museum bagian kedua. Masih sama bagusnya kawan. Romantis, iya banyak lukisan romantis disini. Romantis pada keluarga,negara,pemandangan. Tapi, karna aku sendiri gak begitu paham tentang lukisan jadi aku sekilas seklias aja lihatnya. Tapi buat kamu yang emang punya passion di seni lukis nih, waaah harus banget liat langsung karya karya milik Bapaka.Affandi ini. Indah.
 Ruang ke tiga masih sejajah sama ruang kedua.
Ini dia Bapak Affandi.

Runag ke 4 beda nih kawan, kalian harus menuju ke arah parkiran lagi dan didekat situ ada arah jalan ke bawah sedikit dan terdapat lukisan yang masih basah ya, tempat ke 4 ini rata rata lukisan yang masih baru baru. 
Semua ruangan di museum ini ber AC kok. Walaupun di luar cuacanya lagi panas terik nih, tapi adem ayem aja di ruangan sambil tenang mandangin lukisan apik. Mantap jaya. 
Sekian pengalaman says saat berkunjung di Museum Affandi, menyeanngkan dan bangga setelah saya menikmati 4 ruangan di museum ini. Menarik untuk kalian juga kan kawan pengalaman dan informasi yang saya berikan terkait Museum Affandi ini?. Semoga kalian dapat berkesampatan berkunjung ke museum ini juga ya...
Akhir kata, Wasalamualaikum.. Mari berwisata !!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar