Kamis, 01 Desember 2016

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala



Museum yang terletak di Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jl. Kolonel Sugiono, Banguntapan, Yogyakarta, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah museum yang mengabdikan peristiwa bersejarah bagi Angkatan Udara. Museum ini biasanya dikunjungi oleh anak anak SD atau SMP untuk tujuan pendidikan. Biasanya memang anak anak seusianya mereka masing banyak yang bercita cita menjadi Angkatan Udara atau pilot. Masing ingatkan ya, waktu jaman kita dulu TK atau SD berapa persen temen kita yang bercita-cita jadi Pilot? Haha, jadi flashback. Okay captain lanjut aja ke museumnya!

Biaya masuk museum 4000 perorang, tapi kalau kita mau foto-foto pakai handphone maupun kamera biaya tambahannya sama yaitu 1000. Museum ini berisi berbagai koleksi pewasat asli maupun replika yang tersusu rapi. Kita juga bisa melihat berbagai seragam dan tanda pangkat dari masing masing angkatan udara. Jenis bom dan senjata juga tak kalah lengkap yang dimuseumkan di tempat ini.



Ruang diorama bahkan tidak terlepas dari museum ini, yang mnarik saya di dekat ruang diorama adalah terdapat camera pada jaman dahulu. Keren abis. Di museum ini juga ada ruang simulasi pesawat namun sayangnya saat saya berada disana, ruangnya di kunci Unlucky me yaaaa... koleksi bom disini juga cukup lengkap kawan. Dan ada foto-foto jaman dahulu waktu bom dan pesawat masih befungsi. Sangat edukatif dan cocok memang museum  ini untuk jadi tujuan pembelajaran dan wiata. 


Diluar museum terdapat semacam taman dan replika pesawat juga serta pohon-pohon yang rindang untuk kita bersatai melepas lelah mengelilingi museum.Oh iya, ada yang kelewatan rasanya, mau kasih tau seragam Angkatan Udara yang cakep menurut aku.. ini nih
Hayo.. siapa yang pengen punya suami pakai seragam kayak gini waktu kerja? haha.. Cowok banget gitu pasti ya uhuk!. Nah, aku udah cukup jelasin bagaimana pengalaman aku selama di Museum Pusat TNI AU nih kawan. Jadi, kapan kita kesini bareng? cieciecie!  Semoga kita sa kesini sama sama ya kawan.. berwisata sambil belajar itu enak sekali ~ ~ . Terima kasih sudah baca posting aku sampai museum ke 3 ini ya. Jangan lupa bahagia, bahagia karna berwisata, berwisata menikmati pesona Indonesia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar