Kamis, 24 Mei 2018

Resume hasil diskusi materi Monitoring dan Evaluasi

 Pada tanggal 22 Mei 2018, Mata kuliah Menejemen Desa Wisata membahas tentang Peran,Fungsi serta manfaat kegiatan monitoring dan evaluasi secara umum hingga bagaimana penerapannya dibidang desa wisata. Peran kegiatan monitoring atau mengawasi hingga ke kegiatan evalusai yang membahas tentang salah,benar dan kekurangan suatu kegiatan di desa wisata supaya dapat menjadi lebih baik dan berkelanjutan di nantinya sangatlah penting. Tidak hanya tentang mengawasi desa wisata itu sudah sesuai dan layak menjadi desa wisata saja namun monitoring juga dapat di terapkan tentang hal - hal extelnal yang dapat mempengaruhi keberlangsungan desa wisata.

Kelompok saya, mendapatkan aspek paket wisata untuk membuat tabel sebagai bahan untuk kegiatan monitoring. Paket wisata termasuk hal utama dalam desa wisata. Sebuah desa wisata dikatakan demikian jika mempunyai untuk pariwisata yang dapat ditawarkan ke wisatawan salah satunya dengan bentuk paket wisata. Dalam membentuk paket wisata yang sesuai dan baik untuk suatu desa wisatatentu diperlukan poin - poin dan indikator terkait perancangan untuk pelaksanaannya. Berikut adalah tabel hasil diskusi kelompok 3.


Objective yang pertama adalah mengenai efiensi. Efisiensi mengenai waktu pelaksanaan tentu penting terkait bagaiaman nantinya sebuah paket wisata akan dilaksanakan selama apa, jarak antar aktraksi terkait pembuatan rundown acara dan kesesuaian rute paket wisata suapaya jangan sampai harus kembali ke tempat sebelumnya dan memakan waktu lebih lama. Harga paket harus menjadi bahan untuk monitoring. Kesesuaian harga dengan kegiatan yang ditawarkan,kesesuaian tingkat kemahalan paket wisata yang masih masuk akal dan bagaimana harga tersebut bisa flexsibel terkait jumlah wisatawan yang datang seperti akan lebih murah jika wisatawan yan datang dalam jumlah rombongan. Selanjutnya yang tak kalah penting adaldah tentang tingkat kepuasan wisatawan mengenai paket yang ditawarkan sehingga paket wisata ini dapat dijual terus menerus dan mendapatkan wisatawan tetap yang akan terus kembali dan minimnya keluhan dari wisatawan selama melaksanakan paket wisatawan juga perlu dalam indikator.

Dengan beberapa objek dan indikator tersebut, paket wisata dapat menjadi bahan motinoring yang baik dan dapat menjadi acuan perancangan paket wisata yang sesuai dengan keadaan desa dan diminati wisatawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar