Selasa, 13 Maret 2018

Resume diskusi lembaga desa wisata

Kelembagaan di Desa Wisata
1.Struktur Organisasi yang perlu ada di Desa Wisata :
 

Ketua sebagai pengevaluasi dari semua tugas yang telah dikerjakan divisi dibawahnya. Ketua bertugas untuk menampung semua hasil tugas divisi lain dan memberi keputusan, tindakan apa yang akan dilakukan setelah semua pihak telah melaksanakan tugasnya. Ketua disini mempunayi tugas sebagai cerminan dari lembaga desa wisata. Sekretaris berkaitan tentang membantu ketua mengolah data yang telah di kumpulkan oleh divisi lain. Semua persoalan administrasi dan dokumen adalah tugas sekretaris yang mengurusi. Bendahara  bertugas mengatur pendapatan dan pengeluarkan di desa wisata.
Sie yang pertama adalah sie pemasaran. Pemasaran disini perlu untuk bagaimana mempromosikan desa wisata sehingga dapat bersaing dengan desa wisata lainnya dan berkaitan tentang publikasi ke masyarakat luas mengenai desa baik melalui brosur ataupun lewat sosial media. Sie kebersihan dan keamanan sangat bertanggung jawab mengenai citra desa di wisatawan yang datang. Menjaga keadaan tetap bersih dan aman sehingga masyarakat lokal dan wisatawan bisa nyaman selama berwisata. Humas terkait dengan kerjasama internal dalam desa dan kerjasama desa dengan pihak lainnya seperti komunitas dan kelembagaan di luas desa. Sie lapangan adalah pengawas atraksi di desa apakah terus berjalan lancar. Melihat langsung keberlangsungan kegiatan yang ada di desa dan memantau apakah kegiatan yang di lakukan wisatwan di desa berjalan dengan lancar. Sie sarana prasara lebih kepada infrastukur di desa apakah aman dan berjalan dengan baik termasuk mengenai petunjuk jalan,akses dan keadaan di dalam desa. Jika ada kerusakan, sie ini bertanggung jawab melapor dan memberikan solusi. Sie Pengembangan lebih terakit bagaimana menjalankan desa yang terus berjalan baik dengan adalah pengembangan pengembangan yang direncanakan bersama. 

Siapa saja yang perlu terlibat dalam lembaga desa wisata?
1.Masyarakat lokal (semua elemen)
2.Pemerintah
3.Komuntias (UKM) 

Contoh desa wisata yang lembaganya berjalan dengan baik : 
Desa Wisata Tembi 
1.Mengembangkan desa wisata kreatif 
2.Bapak Daud sebagai ketua desa wisata selalu aktif untuk pertemuan pertemuan mengenai bahasan pengembangan desa wisata hingga keliling Indonesia. 
3.Melibatkan masyarakat lokal (Mengajari membuat tempe kedelai, guide berasal dari masyarakat lokal)
4.Tidak melibatkan investor
5.Masyarkat lokal sudah mempunyai bagian tugas masing masing dalam menjalankan desa wisata
6.Petemuan ruitn 3 bulan sekali mengenai evalusi adan pengembangan desa wisata
7.Masyarakat yang sadar wisata (Paham mengenai desa wisata,hospitalitas)

Desa Wisata yang lembaganya berjalan kurang baik :
Desa Wisata Kembangarum 
1.Dicabut ijinnya sebagai desa wisata 
2.Tidak melibatkan masyarakat untuk menjalankan desa wisata 
3.Mendatangkan investoruntuk bekerjasama mendapatkan keuntungan yang besar.
4.Membangun desa menjadi konsep modern 
5.Tidak menonjolkan keunikan khas desa.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar