Rabu, 07 Februari 2018

Materi 1 Pemberdayaan Masyarakat

Materi 1
Pemberdayaan Masyarakat.

Tanggal 6 – 02 – 2018.
 Pengertian pemberdayaan masyarakat berasal dari Bahasa Inggris “empowerment” dari kata dasar “power” atau kekuatan. Pemberdayaan muncul karena adanya keadaan masyarakat yang tidak mampu terlepas dari kemiskinan dan ketidakbedayaan untuk hidup yang lebih baik dengan bertujuan meningkatkan kekuatan/daya  pihak – pihak yang kurang/tidak berdaya. Upaya pemberdayaan yang utama ada 3 (tiga) yaitu memberikan daya atau kekuatan kepada seseorang atau kelompok, membiarkan mereka dapat menguasai daya sehingga dapat di distribusi-ulang supaya berkelanjutan bahkan hingga dapat lebih baik. Contohnya di bidang kesehatan, pemberdayaan yang baik harus menyediakan pelayanan secara lengkap. Pemberdayaan bisa dengan cara sosialisasi hidup sehat, sosialisasi dan membangun tempat sampah yang layak di lingkungan sekitar yang masyarakat dapat terjun langsung dalam kegiatan.

Pilar pemberdayaan juga mempunya 3 (tiga) poin penting yaitu Pemungkinan (Enabling), Penguatan (Strengthening) , Perlindungan (Protecting) . Pemungkinan adalah membuat sesuatu yang belum ada menjadi ada. Membuat desa yang biasa saja menjadi desa wisata. Dalam hal ini diperlukan pengantar dan edukasi yang giat sehingga dapat dikembangkan menjadi desa wisata. Penguatan adalah usaha untuk membuat penambahan variasi pada potensi yang sudah ada serta inovasi baru suapaya produk yang ditawarkan semakin banyak. Penguatan adalah pada bagaimana produk tersebut tidak punah dengan car aterus melestarikannya seperti Desa Wisata Kampung Dolanan yang terus melestarika permainan tradisional.

Prinsip pemberdayaan masyarakat adalah kepemimpinan. Tentu saja sebuah pemberdayaan butuh seorang pemimpin yang mau terbuka dan dapat menjadi penghubung ke masyarakat. Kedua adalah kemitraan yang berkaitan kerjasama dari pihak desa dengan pihak lain. Patungan adalah prnsip yang ketiga. Petungan disini berarti ada kesepakatan nominal yang harus sama-sama dikeluarkan untuk memperkuat skill masyarakat Terakhir adalah keswadayaan yang berarti semua bentuk prinsip harus dilakukan secara suka rela. Semua prinsip tersebut apadalah upaya inovasi yang dilaukan untuk bisa sampai ke masyarakat secara luas.

Pilar pemberdayaan sangatlah penting dalam bab pemberbdayaan masyarakat. Mulai dari memikirkan susuatu yang belum ada menjadi ada,memperkuatnya dengan menambah varias produk contohnya seperti desa wisata yang berpotensi besar pada hasil produk salak. Memperkuat dapat dengan cara menjadikan salak sebagai olahan yang bermacam-macam oleh masyarakat asli setempat hingga dapat menambahkan atraksi pada desa wisata tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar